Minggu, 15 Januari 2012

JINTAN, YANG MUDAH DI DAPAT DAN SANGAT BERMANFAAT

Sejak kecil penulis sering terserang berbagai macam penyakit, semisal asma, sinusitis, eksim, gampang demam, pompa jantung lemah dan sakit tulang. Ini dirasakan setiap hari hampir 24 jam dalam sehari. Obat-obatan dan racikan selalu menemani kemanapun dia pergi, bahkan tabung oksigen menjadi penghias kamar. Perasaan ciut oleh karena keadaan membuat penulis kurang percaya diri dan tidak dapat beraktifitas dengan baik. Gen ini saya turunkan pula ke buah hati sehingga diapun mendapat serangan yang sama. Namun tiga tahun yang lalu, ketika penulis membeli suatu buku resep masakan yang mencantumkan juga khasiat dari rempah yang digunakan, kehidupan dari hari ke hari semakin berubah dan penulis bebas dari penyakit sinusitis, tidak pernah eksim, asma yang sangat ringan atau bahkan jarang sekali dan jantung yang semakin kuat. Mau tahu resepnya?

Jintan (Nigella Sativia)
Jintan adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Kandungan Jintan sangat hebat dan luar biasa. Jintan mengandung 15 macam asam amino dan 9 macam asam amino essensial, mengandung asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3) serta unsur Sapion (Saponin).

Apakah yang dapat diperbuat oleh kandungan tersebut?
Jintan sebagai antihistamin dan antialergi, sehingga dapat menyembuhkan sakit gigi, sakit kepala, sakit perut, maag, sinusitis, asma, bronchitis, keadaan gampang lelah dan penyakit pernafasan lainnya.

Senyawa yang terkandung di dalamnya dapat menghancurkan sel-sel tumor, mempertahankan tubuh dari serangan kanker dan HIV, karena dapat merangsang sumsum tulang sel-sel kekebalan.

Omega 6 dan omega 3 sangat berguna sebagai nutrisi bagi sel-sel otak untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun.

Fungsi seperti kortikosteriod yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf.

Unsur Saponin dapat menetralkan racun dalam tubuh dan mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, menghilangkan stress dan melancarkan air susu.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi jintan yang bukan dijadikan tablet. Anda dapat membuatnya setiap hari seperti yang penulis lakukan setiap hari pula di sini.

1. Anda dapat mencampurkan jintan (hitam atau putih) bersama-sama dengan teh tubruk (yang bukan celup) di toples. Setiap kali Anda membuat teh, maka Anda juga meminum air jintan.

2. Anda dapat merebus air jintas saja, takaran untuk segelas air (400mi) adalah setengah sendok teh jintan, direbus agak lama hingga meresap.

3. Anda dapat merebus jintan bersama jahe, sere dan cengkeh, dengan takaran air 400ml, jintan setengah sendok teh, jahe seruas dan sere serta cengkeh sekitar lima butir (resep yang ini yang sering penulis lakukan hingga sekarang dan sinusitis, kolitis, asma, eksim, jantung, menjadi sembuh), penulis meminumnya sebelum tidur dan bangun tidur pagi.

Bagaimana, gampang bukan? Simpan uang Anda untuk membeli obat-obatan kimia yang menumpuk menjadi racun bagi tubuh, dan berpalinglah kepada Jintan. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar